Monday, November 3, 2014

ORASI BEM (PENYAMBUTAN MAHASISWA BARU POLITEKNIK NEGERI BENGKALIS 2014)


Assalamu’alaikum Warahmatullaahi Wabarakatuh..
Puji serta syukur kita panjatkan pada Allah swt, yang berkat nikmat dan anugerahnya lah kita masih diberikan kesehatan dan kesempatan, untuk hadir dalam acara yang luar biasa ini. Shalawat serta salam, semoga selalu tercurahlimpahkan pada junjungan Alam, Muhammad saw.

Ketika mereka bertanya kepadamu tentang semangat? Jawablah bahwa bara itu masih tersemat dalam dadamu, bahwa api itu masih bersemayam dalam dirimu, bahwa matahari itu masih terbit dari hatimu, bahwa letupan itu siap meledak dalam duniamu. Katakan itu pada mereka, orang-orang yang ragu akan kemampuanmu, buktikan bahwa raksasa itu adalah dirimu. Kaulah pemuda pewaris negeri, pewaris peradaban.

Seribu orang tua hanya bisa bermimpi, tapi seorang pemuda bisa merubah dunia. (Ir. Soekarno)
Pemuda sebagai tonggak kemajuan sebuah bangsa. Mahasiswa sebagai Pemuda yang seutuhnya adalah agent of change, agen perubahan yang menentukan ke arah mana Bangsa itu akan dibawa. Sebagai mahasiswa kita harus memberikan yang terbaik untuk Bangsa Indonesia tercinta. Marilah Merubah bangsa kita! Mulailah dari diri kita sendiri, mulailah dari hal yang kecil, dan mulailah sekarang juga.

Selamat datang wahai sahabat-sahabat maba (mahasiswa baru) di kampus Negeri Sri Junjungan,
Politeknik Negeri Bengkalis. selamat datang di serangkaian acara yang nantinya menjadi momentum untuk menciptakan perubahan dalam diri kalian.

Dalam suasana menyambut kemerdekaan, kita telah memperingati bangsa ini telah melewati 69 tahun, semenjak kemerdekaan yang diraihnya. Tidak dapat dipungkiri, pemuda adalah elemen utama di dalamnya. Juga dalam perjalanan perjuangan bangsa ini. Kita semua tahu tentang keberanian sekumpulan pemuda, yang mengikrarkan sebuah janji persatuan pada 1928, yakni sumpah pemuda. Kita juga pernah membaca, ketika sekumpulan mahasiswa Indonesia di Belanda, menyuarakan sebuah cita-cita kemerdekaan di negeri penjajah mereka sendiri. Hal yang kemudian pasti kita ingat adalah proklamasi kemerdekaan NKRI di awali oleh heroisme golongan muda yang terus mendesak golongan tua untuk segera memproklamasikan NKRI. Mungkin tanpa gairah dan keberanian pemuda, bangsa kita tak akan diproklamasikan pada tanggal 17 Agustus 1945.

Setelah itu, pemuda generasi selanjutnya, generasi pemuda pasca kemerdekaan mewarisi semangat perjuangan para pendahulunya. Kita masih ingat, bagaimana pemuda – mahasiswa – menggulingkan pemerintah orde baru yang menyimpang dan diktator, sehingga dengan berat hati para pemuda menumbangkan pemerintah orde baru, berteriak menyuarakan  reformasi, keluar dari situasi krisis dan kacau.

Maka ada satu kutipan menggugah, dari salah satu tokoh pergerakan, bahwa Sesungguhnya landasan perjuangan itu adalah nurani yang menyala, dasar keikhlasan adalah hati yang bertakwa, dasar semangat adalah perasaan yang menggelora dan dasar amal adalah kemauan yang kuat. Hal itu semua tidak terdapat kecuali pada diri para pemuda.

Para hadirin yang saya hormati..
Menjadi sebuah kehormatan yang luar biasa, Saat ini dihadapan saya, ada sekitar 600 (calon) mahasiswa baru Politeknik Negeri Bengkalis. Maka sudah pasti, akan ada pula 600  pemuda, yang akan menjadi motor perubahan bangsa ini selanjutnya.. Dari ribuan calon mahasiswa yang terdaftar, maka inilah yang kemudian menjadi orang-orang terbaik yang terpilih..
Menjadi mahasiswa, tentu akan berbeda dengan siswa. Kata ‘maha’ yang disematkan adalah sebuah cerminan dari istimewa, sekaligus tantangan yang akan dihadapi setiap orang yang mengalaminya. Menjadi mahasiswa, maka kita akan diuji bagaimana menjadi orang yang bertindak sesuai dengan perkataannya. Menjadi mahasiswa berarti, maka kita akan berlatih bagaimana mengurangi praduga, tapi mendasarkan diri pada analisa.

Para hadirin yang saya hormati..
Hari ini, merupakan sebuah gerbang awal bagi para (calon) mahasiswa baru untuk mengenal, bagaimana kampus kita, Politeknik Negeri Bengkalis. Bagaimana kah isinya, ciri khas, dan keunggulannya. Bagaimanakah nama – pendidikan – yang tersisip mengandung sebuah makna, bahwa Politeknik ini sangat unggul dalam bidang pendidikan.

Maka demikianlah, sambutan yang dapat saya sampaikan. 

Sebelum saya akhiri, mari kita teriakan dan gemakan satu salam perjuangan bagi mereka mahasiswa..

HIDUP MAHASISWA..
HIDUP MAHASISWA POLITEKNIK NEGERI BENGKALIS

Wassalamu’alaikum, Wr. Wb. 



Bagikan

Jangan lewatkan

ORASI BEM (PENYAMBUTAN MAHASISWA BARU POLITEKNIK NEGERI BENGKALIS 2014)
4/ 5
Oleh BEDENAI INFO

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

Comments
0 Comments